Pemerintah akan evaluasi harga BBM 15 Januari

JAKARTA (Bisnis): Pemerintah akan meninjau ulang harga premium dan solar pada 15 Januari 2009.

Peninjauan ulang ini, menurut Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro sebagai bentuk penerapan formula penetapan harga BBM yang dilakukan setiap bulan. Namun jika terjadi sesuatu yang luar biasa, bisa saja review dilakukan sebelum 15 Januari 2009.

“’Harga Bensin Premium dan Solar akan kami review 15 Januari 2009,’” ujar Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Purnomo Yusgiantoro.

Pemerintah, menurut Purnomo, memilih bertindak secara hati-hati dan sistematis dalam setiap mengeluarkan kebijakan harga BBM, sebab, implikasi yang ditimbulkan bagi masyarakat sangat besar. Untuk itu berbagai faktor diikuti perkembangannya, di tengah fluktuasi harga minyak mentah dunia yang masih berlangsung intensif.

Purnomo mengungkapkan perhitungan pengaruh menurunnya harga minyak mentah terhadap keuangan negara masih terus dilakukan.

“Kita menunggu audit BPK dan BPKP. Kalau ada laba tidak akan kemana-mana tetapi langsung masuk ke kas negara, hanya saja harga minyak masih berfluktuasi maka masih perlu dicermati,” papar Menteri ESDM

Pemerintah mengaku harga BBM kalau memang perlu diturunkan tidak ada masalah. Meski demikian ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan yaitu perkembangan harga minyak dunia, kurs rupiah terhadap US dollar, APBN serta daya beli masyarakat dan sektor riil.

Terkait dengan perkembangan harga minyak mentah, Menteri ESDM mengemukakan harga masih berpotensi fluktuatif. Namun saat ini terjadi perkembangan bahwa penurunan harga minyak mentah di pasar dunia tidak serta merta diikuti oleh meningkatnya permintaan (demand). Ini terjadi sebagai akibat krisis ekonomi yang melanda negara-negara maju.(api)

Tags: , , , ,

About riauku

myself

Leave a comment