Pemerintah gratiskan Ujian Nasional

JAKARTA (bisnis): Pemerintah menggratiskan Ujian Nasional 2008/2009 kepada sekitar 4,25 juta peserta tahun ini dengan alokasi biaya UN dan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) 2009 sebesar Rp 376 miliar sama dengan anggaran tahun lalu.

Ketua BSNP Mungin Eddy Wibowo mengatakan selain biaya ujian gratis, pihaknya juga menetapkan kenaikan standar rata-rata minimal 5,50  untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan pada UN tahun ajaran ini. Nilai minimal 4,00 paling banyak dua mata pelajaran dan minimal 4,25 untuk mata pelajaran lainnya.

“Khusus untuk SMK, nilai mata pelajaran kompetensi keahlian kejuruan minimal 7,00 dan digunakan untuk menghitung nilai rata-rata,” ujarnya didampingi Djemari Mardapi, mantan ketua BSNP dan Kepala Pusat Penelitian Pendidikan (Kapuspendik) Burhanuddin Tolla kemarin.

Menurut Mungin, pemerintah daerah dan satuan pendidikan dapat menetapkan batas kelulusan di atas nilai standar kelulusan. Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN), kriteria kelulusannya ditetapkan oleh masing-masing sekolah.

“Tahun ini pelaksanaan ujian juga ditambah waktunya dari tiga menjadi lima hari karena banyaknya keberatan dari masyarakat. Jadi diputuskan tahun ini setiap hari satu mata pelajaran saja yang diujikan”.

Untuk jadwal pelaksanaan Ujian Nasional SMA dan Madrasah Aliyah (MA) dilaksanakan pada 20-24 April 2009, sedangkan ujian susulan pada 27 April-1 Mei. Mata pelajaran yang diujikan untuk jurusan IPA adalah Bahasa Indonesia, Biologi, Bahasa Inggris, matematika, Fisika dan Kimia. Untuk jurusan IPS meliputi Bahasa Indonesia, Sosiologi, Bahasa Inggris, Matematika, Geografi dan Ekonomi.

Mata pelajaran yang diujikan untuk jurusan bahasa meliputi Bahasa Indonesia, Sejarah Budaya/Antropologi, Bahasa Inggris, Matematika, Sastra Indonesia dan Bahasa asing. “Madrasah Aliyah mata pelajarannya meliputi Bahasa Indonesia, Ilmu Kalam, Bahasa Inggris, Matematika, Ilmu Hadist dan Ilmu Tafsir,” tutur Mungin.

Ujian Nasional SMA Luar Biasa dijadwalkan pada 20-22 April dan ujian susulan pada 27-29 April Mata pelajaran yang diujikan meliputi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan matematika. Sementara bagi siswa SMK dilaksanakan pada 20-22 April dan ujian susulan pada 27-29 April dengan mata pelajaran yang diujikan meiputi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan matematika.

“Uji kompetensi keahlian dilaksanakan sebelum pelaksanaan UN dan teknis pelaksanaannya akan diatur dalam ketentuan tersendiri. Soal ujian kompetensi sudah kami susun dan akan dikirim ke provinsi,” ujar Mungin.

Ujian Nasional SMP, MTs dan SMPLB berlangsung pada 27-30 April dan ujian susulan pada 4-7 Mei. Sedangkan untuk SD adalah Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) berlangsung pada 11-13 Mei dan ujian susulan pada 18-22 Mei dengan mata pelajaran yang diujikan meliputi Bahasa Indonesia, matematika dan IPA. (tw) : Hilda Sabri Sulistyo

Tags: , , , ,

About riauku

myself

One response to “Pemerintah gratiskan Ujian Nasional”

  1. Blog Instan says :

    wah, enak nih gratis UN nya😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: