Harga TBS Sawit Riau Kembali Turun


Proteksi perdagangan Uni Eropa dan pembatasan impor CPO dan turunannya di India berdampak di Indonesia. Minggu ini harga TBS sawit Riau mengalami penurunan.

PEKANBARU-Berdasarkan hasil rapat harga oleh tim penetapan harga TBS sawit Disbun Riau Selasa (8/4/15) menyatakan harga TBS sawit pekan ini kembali turun.

Harga TBS periode 8-14 April 2015 sawit umur 3 tahun turun menjadi Rp 1.185,77 perkilogram. Harga TBS sawit umur 4 tahun turun menjadi Rp 1.324,07 perkilogram.

Harga TBS sawit umur 5 tahun turun menjadi Rp 1.416,83 perkilogram. Harga TBS sawit umur 6 tahun turun menjadi Rp 1.458,57 perkilogram. Harga TBS sawit umur 7 tahun turun menjadi Rp 1.514,22 perkilogram.

Harga TBS sawit umur 8 tahun turun menjadi Rp 1.561,43 perkilogram. Harga TBS sawit umur 9 tahun turun menjadi Rp 1.611,61 perkilogram. Harga TBS sawit umur 10-20 tahun turun menjadi Rp 1.656.51 perkilogram.

Menurut Plt Kadisbun Riau, harga TBS mengalami penurunan dalam empat pekan terakhir. Hal itu disebabkan oleh proteksi perdagangan yang dilakukan oleh Uni Eropa dan juga pembatasan impor CPO dan turunannya oleh negara India. Uni eropa selama ini memproteksi produk-produk mereka yang terganggu jika CPO membanjiri pasar eropa.

“Untuk itu uni eropa memberikan syarat yang semakin sulit jika ingin masuk ke pasar eropa” Ujar Zulher.

Kedepannya, Zulher menyebutkan pemerintah pusat telah merencanakan untuk mencari negara sumber ekspor baru selain eropa, india, cina dan amerika serikat. salah satunya adalah negara-negara yang berada di kawasan Amerika Selatan.

“Memang sulit, tapi kita harus yakin untuk memasarkan CPO. Untuk itu tugas kita dibawah agar terus memperbaiki kualitas CPO dan turunannya. Terutama para petani yang merupakan penghasil utama TBS sebagai bahan baku pembuatan CPO dan turunannya”harap Zulher. (Riauterkini)

 

About riauku

myself

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: