Penyeludup Imigran asal Afganistan diburu

Dalam kurun waktu sepekan terakhir, jajaran Polresta Pekanbaru berhasil menggagalkan penyeludupan imigran gelap dari Afghanistan berjumlah 13 orang. Namun dari penggagalan tersebut, orang di balik penyeludupan tersebut belum dapat diringkus oleh pihak kepolisian.

Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Robert Haryanto Watratan SH SSos MH saat dikonfirmasi melalui Kasat Reksrim Kompol Hariwiyawan Harun SIK MIK, Ahad (7/9) mengatakan, pihaknya hingga kini masih masih melakukan penyelidikan dan mencari otak penyeludupan imigran gelap tersebut.

“Semua imigran yang diamankan sudah diserahkan ke pihak Imigrasi. Sedangkan orang di balik pengiriman para imigran masih dalam pengejaran. Berdasarkan hasil penyelidikan sementara, para imigran harus membayar sekitar Rp300 juta untuk dapat sampai ke negara tujuan mereka yakni Australia dengan melewati perairan Indonesia dan mereka (penyeludup imigran, red) ini merupakan jaringan internasional,” jelas Kasat.

Lebih lanjut dikatakannya, saat dilakukan pemeriksaan terhadap barang-barang bawaan milik para imigran, tidak ditemukan barang-barang yang mencurigakan. Dalam tas bawaan para imigran hanya ditemukan baju-baju serta beberapa alat elektronik seperti handphone dan radio.

Seperti diberitakan sebelumnya, petugas Dinas perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru dan Satlantas Polresta Pekanbaru mengamankan tujuh warga negara asing (WNA) saat melakukan razia rutin Kamis (28/8) lalu di Muara Fajar Kecamatan Rumbai. Sementara Jumat (5/9), enam imigran gelap asal Afganistan juga diamankan Polsek Tampan.(s)

Tags: , , ,

About riauku

myself

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: