Harga TBS Sawit Riau Semakin Melemah

 

Merosotnya harga minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) di bursa Malaysia, berakibat melemahnya harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Riau hingga menyentuh level terendahnya.

Harga CPO menyentuh level terendahnya dalam lima tahun terakhir. Sehingga berdampak pada terus melorotnya harga TBS kelapa sawit Riau, karena minimnya permintaan.

“Pekan lalu harga CPO sempat naik menjadi RM1.937 per ton, sementara pekan ini dibuka pada level RM1.930 per ton,” ujar Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau, Zulher.

Pada perdagangan 2 September 2014, harga CPO di bursa Malaysia hanya mampu bergerak tipis pada level RM1.930-RM1.947 per ton. Apalagi, stok kedelai yang dapat digunakan sebagai pengganti CPO mencapai rekor tertinggi sepanjang tahun ini, sehingga membatasi permintaan global.

Tim penetapan harga pembelian TBS Riau tidak dapat berbuat banyak terhadap gejolak yang terjadi saat ini, karena dipengaruhi oleh perkembangan pasar.

Dia pun berharap CPO tidak terus mengalami penurunan, agar harga TBS kelapa sawit dapat kembali bangkit.

Harga kelapa sawit dengan usia 10 tahun pada periode 3-9 September 2014 ditetapkan Rp1.486,23 per kilogram, dari yang sebelumnya Rp1.554,99 per kilogram. Kelapa sawit dengan usia tiga tahun menjadi Rp1.063,19 dari yang sebelumnya Rp1.112,58 per kilogram.

Kemudian kelapa sawit dengan usia 5 tahun Rp1.272,08 per kilogram, delapan tahun Rp1.401,04 per kilogram, dan kelapa sawit dengan usia 21 tahun menjadi Rp1.448,35 per kilogram dari yang sebelumnya Rp1.515,89 per kilogram –

 
Warga Riau yang Temukan PKS tak Beli Harga TBS Sawit Sesuai Ketetapan, Segera Laporkan ke Disbun
 

Dalam mengawasi pelaku usaha perkebunan, khususnya yang bergerak di bidang Pabrik Kelapa Sawit (PKS), Dinas Perkebunan Provinsi Riau meminta agar petani melaporkan kepada disbun riau atau pihak terkait lainnya jika terdapat PKS yang membeli TBS petani dangan harga yang jauh dibawah harga yang ditetapkan oleh Tim Penetapan Harga TBS Provinsi Riau.
Hal itu disampaikan oleh Kadisbun Riau, Drs H Zulher MS, di ruangannya, Kamis (4/9/2014). Dia menjelaskan, langkah itu dilakukan dalam rangka penertiban penggunaan harga TBS yang dibeli oleh PKS yang harus sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh TIM harga.
”Kita membuat tim harga TBS ini sebagai acuan bagi PKS untuk membeli TBS petani. Untuk itu kita mengharapkan kepada petani atau pelaku usaha perkebunan lainnya jika mendapatkan PKS yang membeli dengan harga yang jauh dibawah harga tim, maka segera laporkan kepada kami,” pinta Zulher.
Menurut Zulher, Tim Harga TBS Provinsi Riau merupakan representasi dari petani kelapa sawit dan perusahaan. Tentunya tim akan menetapkan harga jika telah disetujui oleh seluruh seluruh anggota tim. Zulher juga mengingatkan jangan sembarang lapor. Harus ada bukti yang jelas seperti surat Delivery Order (DO), kwitansi, foto dokumentasi yang dimiliki oleh petani.
”Harus ada bukti seperti bukti foto papan pengumuman harga, kwitansi atau lainnya” katanya.
Namun itu, dia mengungkapkan bahwa ada kendala dalam pembinaan pelaku usaha perkebunan khususnya PKS yaitu dalam hal pembelian buah yang berasal dari sumber bibit yang tidak resmi atau tidak bersertifikat. Zulher menyatakan bahwa harga yang ditetapkan oleh Disbun Riau berdasarkan kepada sumber benih yang resmi atau bersertifikat. Tentunya harga beli PKS terhadap TBS non sertifikat tidak sama dengan harga tim.
”Harganya memang tidak akan sama, namun tidak akan terlalu jauh bedanya” ujar Zulher.
Ditanya tentang petani yang tidak menjual secara langsung ke pabrik namun ke pengumpul, Zulher menegaskan tidak bisa menindaknya karena para pengumpul tentu mencari keuntungan dari hasil jual beli tersebut.
”Saya selalu menyarankan kepada petani untuk membuat kelompok seperti Poktan atau koperasi. Dengan koperasi atau poktan kita tentu dapat menjual kelapa sawit,” katanya lagi. GR

 

Tags: , , , ,

About riauku

myself

One response to “Harga TBS Sawit Riau Semakin Melemah”

  1. ghobro says :

    ya karet juga. banyak maling di riau sekarang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: