5 Makanan sehat ini ternyata sangat berlemak

Salah satu hal yang dipercaya oleh banyak orang tentang lemak adalah bahwa lemak selalu buruk dan musuh kesehatan. Padahal tak semua lemak buruk untuk kesehatan tubuh. Seperti halnya komposisi makanan yang lainnya, bukan jumlah lemak yang penting melainkan jenisnya.

Lemak yang terkandung dalam buah dan sayuran adalah jenis lemak yang baik untuk tubuh. Tubuh kita juga membutuhkan lemak untuk berproses. Berikut adalah beberapa jenis makanan sehat dan alami yang mengandung banyak lemak, bahkan lebih berlemak dari donat. Namun lemak yang ada dalam makanan ini tak akan meningkatkan penyakit jantung atau merusak kesehatan, seperti dilansir oleh Daily Health Post.

1. Alpukat

Alpukat disebut sebagai makanan super oleh banyak ahli nutrisi. Tak hanya dipenuhi oleh nutrisi dan mineral, alpukat juga mengandung banyak lemak. Setengah buah alpukat mengandung 15 gram lemak yang memperbaiki tingkat kolesterol. Asam lemak dalam buah ini sangat bermanfaat untuk semua sel dalam tubuh untuk menyerap nutrisi dan meningkatkan metabolisme.

 

2. Kelapa
Selama ini buah kelapa, baik yang muda maupun yang sudah tua diketahui mengandung banyak nutrisi dan mineral. Bagian dari buah ini juga banyak dimanfaatkan untuk hal lain, atau diolah lagi menjadi makanan dan produk kemasan. Satu ons buah kelapa kering mengandung 18 gram lemak. Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa yang mengandung lemak sehat sekaligus nutrisi untuk dicampur dengan makanan.

3. Telur
Telur mengandung banyak nutrisi sekaligus kombinasi lemak yang baik. Tiga butir telur akan memberikan Anda 14 gram lebih, 18 gram protein, 210 kalori, vitamin A, B12, D, E, dan folat. Tak hanya itu, telur juga bisa menjadi sumber mineral yang baik seperti selenium, lutein, dan kolin, serta zat besi.

4. Minyak zaitun
Selusin buah zaitun mengandung 15 gram lemak baik, nutrisi, serta antioksidan. Minyak zaitun juga bagian penting dari diet mediterania yang bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

5. Selai kacang
Bicara tentang lemak, dua sendok makan selai kacang yang lezat juga mengandung delapan gram lemak sehat yang baik untuk kesehatan Anda. Tak hanya itu, mengonsumsi selai kacang juga ditengarai bisa menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Selama ini lemak selalu dianggap tak sehat dan berbahaya. Memang banyak jenis lemak yang harus dihindari dan bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, penyumbatan pembuluh darah, atau meningkatkan kolesterol. Namun ada juga jenis lemak yang baik dan menyehatkan tubuh. Pilih jenis lemak Anda dengan baik agar terhindar dari penyakit dan menjaga kebugaran tubuh.

Tags: ,

About riauku

myself

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: