Rupiah Melemah? Nantikan Langkah Strategis Pemerintah

Financeroll – Pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot valas antar bank Jakarta, Jumat (23/8) diprediksi melemah. Secara fundamental, rupiah dinilai sulit diintervensi.  Untuk Jumat ini sudah bisa dipastikan, rupiah sangat sulit untuk mengalami penguatan. Pasar masih menunggu rencana strategis apa yang akan dikeluarkan oleh pemerintah dalam hal ini respons berupa pidato dari Presiden Yudhoyono akhir pekan ini.

Karena itu, peluang rupiah Jumat ini adalah pelemahan. Potensinya ke Rp 10.840 per dolar AS bahkan Rp 10.900-10.940. Sementara itu, potensi penguatan hanya berkisar di Rp 10.770 hingga Rp 10.740-10.700.  Sebab, jika hanya mengandalkan sentimen dari fundamental ekonomi Indonesia, berat untuk terealisir.

Di sisi lain,   cadangan devisa sudah melorot ke USD 92,6 miliar. Pada saat yang sama, tingkat kepercayaan konsumen turun ke 108,4 untuk Juli dari sebelumnya 117,1.  Ini menunjukkan rasa ketidakpercayaan pasar, dalam hal ini termasuk para investor luar negeri yang menanamkan modalnya di Indonesia.  Sebagai informasi,  kurs rupiah terhadap dolar AS  di pasar spot valas antar bank Jakarta, Kamis (22/8) ditutup melemah 15 poin (0,13%) ke  Rp 10.790-10.835. [geng]

Tags: , , , , , ,

About riauku

myself

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: