Hermawan: Pekanbaru Potensial Jadi Pusat Ekonomi Sumatera

KOTA (RP)- Guru Marketing Asia dan Founder Mark Plus Hermawan Kertajaya yakin Kota Pekanbaru akan menjadi pusat ekonomi Sumatera. Dia melihat potensi Pekanbaru ini tidak hanya karena letaknya yang sangat strategis dan terus akan berkembang di Sumatera, tapi juga karena budaya masyarakatnya yang terbuka. Kota akan cepat tumbuh berkembangnya karena terbiasa hidup heterogen dan terbuka masyarakatnya.

‘’Pekanbaru punya potensi menjadi pusat ekonomi di Sumatera. Karena kota ini (masyarakatnya, red) sangat terbuka, banyak pendatang, banyak orang asing. Pekanbaru punya peluang besar walaupun aktivitas ekonomi terbesar saat ini masih di Medan,’’ ungkap Hermawan saat berkunjung ke redaksi Riau Pos, Kamis (11/4) siang.

Kondisi banyaknya tertangkap korupsi di Provinsi Riau, dinilainya tidak akan mempengaruhi potensi besar ini. Karena kata Hermawan, itu semua adalah risiko pesatnya pembangunan. Lebih lanjut Hermawan mengatakan, bisnis akan maju bila tidak melupakan youth (kaum muda), woman (wanita) dan citizen (pengguna internet). Konsep ini kata Hermawan, saat ini memegang peranan penting. Dia yakin Pekanbaru akan menjadi kota dengan penyerapan konsep youth, woman dan citizen tercepat di Sumatera.

‘’Karena budaya terbuka dengan pendatang, pengguna internet yang tinggi maka kota yang paling cepat menyerap tren ini di Sumatera adalah Pekanbaru. Kalau Jawa ya Jakarta. Pekanbaru akan menjadi yang pertama karena paling terbuka dan terbiasa plural dan inklusif,’’ ungkap Hermawan.

Maka pada pemilihan kepala daerah yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat bahkan, Hermawan mengingatkan para calon agar ingat dengan konsep youth, woman dan citizen ini.

Saat kunjungan kemarin Hermawan juga mengapresiasi Riau Pos sebagai sebuah koran yang pro bisnis. Sebuah konsep yang disebutnya mampu mengantar Riau Pos sebagai pemimpin pasar koran harian di Riau dan mampu membuka anak perusahaan hingga di lima provinsi di Sumatera. Sahabat dekat Menteri BUMN Dahlan Iskan ini juga mengaku, datang ke Riau Pos seperti pulang ke rumah sendiri.

‘’Dari dulu kalau saya ke sini (Riau Pos, red), saya seperti pulang ke rumah sendiri, karena dari dulu dan di mana-mana saya selalu bekerjasama dengan Jawa Pos (jaringan Riau Pos, red),’’ ungkap Hermawan yang baru saja tiba dari Vietnam via Kuala Lumpur, Malaysia pagi kemarin.(end)

Tags: , , , , , ,

About riauku

myself

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: