Pembangunan Jalan Tol Sumbar-Riau Molor


PADANG (RP) – Pembangunan jalan tol Sumbar-Riau yang direncanakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar bekerja sama dengan PT Jasa Marga mulai dilakukan Juni, ternyata molor empat bulan.

Hal tersebut akibat dokumen analisa dampak lingkungan (Amdal) dan feasibility study (FS) baru tuntas Oktober mendatang.

Jalan tol ini setidaknya membutuhkan investasi sekitar Rp10 triliun, belum termasuk alokasi dana pembebasan lahan dan pembangunan kawasan ekonomi yang menelan anggaran sekitar Rp1,2 triliun. Untuk pembebasan lahan Rp400 miliar, dan pembelian kawasan perekonomian Rp800 miliar.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, pembangunan jalan tol itu akan tetap direalisasikan tahun ini.

‘’Cuma saja pelaksanaannya agak molor dari jadwal yang disepakati awal yakni Juni. Sebab, dokumen lingkungannya belum selesai. Jadi, kami tunda dulu pelaksanaan proyek pembangunan jalan ini,’’ ujarnya usai menghadiri Workshop Adiwiyata di Hotel Pangeran City, Padang.

Kendati mengalami penundaan, Irwan tetap optimistis proyek pembangunan jalan tol dapat direalisasikan mulai tahun ini.’’Insya Allah proyek ini akan tetap kami realisasikan tahun ini juga. Terkendalanya murni karena dokumen lingkungan yang membutuhkan kajian dalam waktu cukup lama,’’ ujarnya.

Sejauh ini, untuk proyek itu, kata Irwan, Pemprov telah menyosialisasikannya ke DPRD dan juga telah dibahas di wakil rakyat. ‘’Setahu saya yang melakukan pembahasan adalah Komisi III DPRD dan panitia anggaran,’’ ujarnya.

Irwan mengatakan dalam pelaksanaan proyek itu, pemprov sharing anggaran dengan Jasa Marga. Soal berapa nilai investasi pemprov, kata Irwan, baru diketahui setelah adanya keputusan resmi DPRD Sumbar.

Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Hidup (Bapedalda) Sumbar Asrizal Asnan menyebutkan, Amdal proyek jalan tol tengah dalam proses pengurusan perizinan dokumen lingkungan.(rpg)

Tags: , , ,

About riauku

myself

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: