Perencanaan Awal PU Tidak Matang, Jembatan Siak III Belum Juga Difungsikan

Anggota Komisi C DPRD Riau menilai perencanaan awal yang dilakukan Dinas PU dalam pembangunan Jembatan Siak III tidak matang. Sehingga jembatan tersebut belum juga dapat difungsikan hanya karena adanya Tugu Lancang Kuning di sisi Utara Kota Pekanbaru.

Riauterkini-PEKANBARU-Anggota Komisi C DPRD Riau, Muhammad Roem Zein mempertanyakan kinerja Dinas Pekerjaan Umum (Dinas PU) Riau menyusul belum dioperasikannya Jembatan Siak III. Anehnya, penundaan operasional jembatan yang akan menggantikan fungsi Jembatan Leighton (Jembatan Siak I) hanya dikarenakan keberadaan Tugu Lancang Kuning di sebelah Utara Pekanbaru, tepatnya di samping Jalan Yos Sudarso.

“Alasan Dinas PU yang menyebutkan Jembatan Siak III belum dapat difungsikan karena pihaknya harus memindahkan dulu Tugu Lancang Kuning merupakan alasan yang tidak masuk akal. Apakah mereka tidak melakukan studi kelayakan dulu sebelum membangun Jembatan Siak III?” tanya politisi dari PPP ini.

Menurut Roem, Tugu Lancang Kuning itu sudah terlebih dahulu adanya sebelum Jembatan Siak III dibangun. Jika masalah ini dijadikan alasan Jembatan Siak III belum bisa difungsikan, hal ini membuktikan perencanaan awal Dinas PU tidak matang.

Sebelumnya, Kepala Dinas PU Riau SF Hariyanto kepada wartawan menyebutkan, pihaknya masih mencari solusi agar Tugu Lancang Kuning tidak masuk areal Jembatan Siak III. Itu artinya, Dinas PU Riau akan memindahkan tugu itu sembari menunggu lampu hias (running light) selesai dikerjakan.

Akibatnya, Jembatan Siak III itu belum bisa difungsikan. Saat ditanya kapan pengerjaan pemindahan Tugu Lancang Kuning dan running light selesai dipasang, Hariyanto juga belum dapat memastikannya. Namun Kepala Dinas PU Riau itu berharap dalam waktu dekat ini sudah dapat direalisasikan, sehingga pengoperasian Jembatan Siak III sudah dapat dilakukan dalam waktu dekat ini.*** (son)

Tags: ,

About riauku

myself

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: