PT PSE Siapkan Rp 63 Miliar untuk Eksploitasi Migas Rohul

PT Sumatera Persada Energi (PSE) mensosialisasikan hasil survei dua dan tiga dimensi (2D dan 3D). Perusahaan tersebut mengalokasikan Rp 63 miliar untuk mengelola Migas di Rohul.


Riauterkini-PASIRPANGARAIAN- PT Sumatera Persada Energi (SPE), sosialisasikan survei Seismik 2 Dimensi (2D) dan 3D. Seismik akan di lakukan di 7-9 kecamatan, di 33 desa di Rokan Hulu. Untuk survei ini, pihak PT SPE berani keluarkan dana mencapai US $7000 atau Rp63 miliar.

Sosialisasi Survei Seismik 2D dan 3D, di Hotel Sapadia, Selasa (4/1/10), merupakan sosialisasi pertama. Selain dihadiri Manager Operasional PT SPE, Freddy Sumolang, perwakilan bpmigas Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) Kaniya Kainama dan Ndiyan Yoni, Asisten I Zulfikar Achmad SH.MH, Geofisika PT SPE (Party Manager) Feri Farikhin, serta sejumlah camat, kepala desa, dan sejumlah perusahaan perkebunan di Rohul.

Dikatakan Freddy Sumolang, kegiatan sosialiasasi akan disampaikan ke masyarakat, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir akan dampak negatif kedepannya, dan mendukung potensi Migas.

“Ini sosialisasi tahap awal kepada Pemkab Rohul dan camat, selanjutnya akan dilakukan sosialisasi tahap dua di kecamatan, door to door kepada pemilik lahan, dan sosialisasi langsung di lapangan,” jelas Freddy, kepada wartawan, Selasa (4/1/11).

Jelas dia, dari Survei Seismik 2D dan 3D, potensi minyak di Rohul segera bisa dilihat melalui data dengan menggunakan peralatan canggih dan satelit. Untuk pelaksanaannya sendiri, akan melalui 4 tahap, dan memakan waktu 4-5 bulan lamanya.

Lanjut Freddy, untuk melakukan Survei Seisemik, pihaknya optimis dan berani mengeluarkan dana sebesar US $7000 atau mencapai Rp63 miliar, sebab di block West Kampar, khusus wilayah Kampar dan Rohul, kemungkinan besar sumber minyak juga besar.

Sasaran kegiatan Survei Seismik 2D, ada 6250 titik dengan luas area survei 250 kilometer persegi. Sedangkan Survei Seismik 3D, di Kecamatan Pendalian IV Koto dan Rokan IV Koto, luas area survei 50 km persegi dengan sasaran 4100 titik.

Terang dia, Survei Seismik awal masih tahap topografi menggunakan satelit di 7-9 kecamatan yang dilintasi garis seismik. Kemudian, dilakukan pembersihan lahan, survei tofo yang kini belum tuntas.

Untuk izin, PT PSE jugs sudah mengantongi izin dari bpmigas, provinsi Riau, bupati Rohul, termasuk perizinan dari kecamatan, desa dan kepolisian. Untuk tahap survei ini, pihaknya mengaku akan melibatkan sekitar 1.500 tenaga kerja dari masyarakat tempatan.

“Survei tofo sudah dimulai 29 Desember 2010 lalu, sedikitnya melibatkan 10-14 tim di lokasi tofo di Kecamatan Pendalian IV Koto, dan 7 Kecamatan lainnya,” jelas dia lagi.

Untuk Target Seismik 3D di Pendalian IV Koto, baru tahap study ke area 2D. Dari daerah yang sudah dilakukan survei, ditemukan ada potensi karbon, bahkan di Kecamatan Pendalian IV Koto sudah ditemukan empat sumur dari hasil tes yang dilakukan.

Dan untuk kegiatan PT SPE di lapangan, sudah dilakukan penanaman patok GPS-BM, survei/topo dan penanaman patok pita merah dan pita biru, inventory pendataan pemilik lahan, kemudian pemboran lubang 15-25 meter, dan pembentangan kabel seismik serta pencatatan data.

Dalam waktu dekat, sekitar 1-2 bulan izin tambang (Ekpoitasi) dari Project Of Devloment (POD), dan uji kandungan maupun study bpmigas, sudah layak dilakukan eksplotasi. Bahkan Block West Kampar, wilayah Kampar berpotensi minyak sekitar 20 persen, sedangkan 80 persen berada di Rohul, sehingga PT SPE optimis bisa mendapatkan minyak di daerah Rohul.

Diakuinya, survei dengan seismik dilakukan, sebab sampai saat ini belum ada metode lain untuk memantau potensi Migas di bawah permukaan, sehingga merupakan satu-satunya cara di dunia perminyakan.

Sementara itu, Asisten I pemkab Rohul, Zulfikar Achmad SH.MH, mengatakan, pihak Pemkab Rohul menyambut baik dan berterima kasih atas investasi pihak PT SPE ke Rohul.

Dari keberhasilan kegiatan yang dilakukan, tentu akan mengali potensi sumber minyak. Sehingga kedepannya akan mendatangkan Dana Bagi Hasil (DBH) Migas, termasuk peningkatan PAD, serta mengurangi tingkat pengangguran di Rohul.

“Kita menyambut baik datangnya investor untuk menanamkan investasinya ke Rohul, termasuk PT SPE. Kita harapkan, upaya yang dilakukan membuahkan hasil, sehingga berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat, serta meningkatkan DBH dan PAD Pemkan Rohul,” kata Zulfikar, kepada wartawan, usai acara sosialisasi.***(zal)

Tags: , , , ,

About riauku

myself

2 responses to “PT PSE Siapkan Rp 63 Miliar untuk Eksploitasi Migas Rohul”

  1. gugusasa says :

    wah, blog yang bagus.. blogwalking nih kunjungi blog saya mengenai psikologi, dll http://ayogugusasa.blogspot.com terimakasih

  2. Muhammad Sohib Nurdin says :

    jangan sengsarakan masyarakat ja…udah lah.
    lanjutkan….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: