Karet Melejit, Harga TBS Sawit Naik

Harga getah karet mengalami kenaikan sangat fantastis pekan ini. Sementara untuk TBS kelapa sawit mengalami kenaikan, setelah dua pekan turun.

Riauterkini-PEKANBARU- Para petani karer patut bersyukur karena pekan ini terjadi kenaikan harga getah karet cukup signifikan. Beradasarkan data Gabungan Pengusaha Karet Indonesia (Gapkindo) Provinsi Riau, pekan ini harga getah karet dengan kadar di atas 95 persen sampai pintu pabrik Rp 35.000 perkilogram, atau naik Rp 3.000 perkilogram dibanding harga pekan lalu.

Menurut Sekretaris Gapkindo Riau Nur Hamlin, kenaikan harga getah karet lebih dipengaruhi minimnya produksi getah akibat cuaca hujan. “Sekarang ini produksi getah sangat minim akibat hujan. Kondisi ini menyebabkan terjadi kenaikan harga getah sangat signifikan,” tuturnya kepada riauterkini di Pekanbaru, Rabu (8/12/10).

Dijelaskan Nur Hamlin, harga getah Rp 35.000 perkilogram merupakan harga tertinggi sepanjang sejarah. Menurutnya, jika produksi terus tertekan, bukan tidak mungkin akan terus terjadi sejarah harga getah karet di Riau.

Sebagaimana harga getah karet yang mengalami kenaikan, demikian juga dengan harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit. Setelah dua pekan berturut-turut terjadi penurunan, pekan ini mengalami kenaikan cukup lumayan, yakni Rp 92,53 perkilogram.

“Pekan ini harga TBS kelapa sawit mengalami kenaikan sebesar Rp 92,53 perkilogram,” ujar Kabid Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan (P2HP) Dinas Perkebunan Riau kepada wartawan usai rapat di kantornya, Selasa (6/12/10).

Dipaparkan Ferry, untuk harga TBS dari kelapa sawit usia 3 tahun, pekan ini dihargai Rp 1.357,27 perkilogram. Untuk TBS kelapa sawit usia 4 tahun Rp 1.515,70 perkilogram. Umur 5 tahun Rp 1.621,93 perkilogram dan TBS dari kelapa sawit umur 6 tahun seharga Rp 1.669,60 prkilogram.

Selanjutnya untuk TBS dari kelapa sawit berusia 7 tahun Rp 1.733,33 perkilogram, usia 8 tahun Rp 1.7787,37 perkilogram. Kemudian untuk TBS dari kelapa sawit usia 9 tahun Rp 1.844,74 perkilogram dan usia 10 tahun harganya Rp 1.896,18 perkilogram.***(mad)

Tags: , ,

About riauku

myself

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: