Pemprov Riau Minta Bantuan Pusat Tangani Karhutla

TRIBUNNEWS- Pemerintah Provinsi Riau meminta bantuan pemerintah pusat untuk menanggani kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang acap terjadi di dearah itu.

Ketua Pusat Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Pusdakarhutla) Riau HR Mambang Mit di Pekanbaru, Selasa, mengatakan pihaknya meminta bantuan pusat untuk mengatasi karhutla dengan mengajukan anggaran sebesar Rp30 miliar di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2011.

Menurut Mambang, kebakaran hutan dan lahan di Riau terjadi hampir setiap tahunnya, sehingga penganggaran dana penanggulangan sebelum terjadinya Karhutla perlu dipikirkan saat ini.
 
“Kebakaran hutan dan lahan itu sudah bisa kita prediksi terjadi, jadi jika suhu di Riau sudah berada 35 derajat Celcius, maka kita harus siagakan personil dan peralatan untuk pemadaman di beberapa lakasi yang rentan terjadi karhutla,” ungkap Mambang.
    
Disebutkan Mambang, potensi terjadinya karhutla di Riau sangat besar, mengingat cuaca di Riau yang ekstrim dan ditambah dengan kondisi lahan dan hutan yang kering, dapat memicu terjadinya karhutla. “Untuk itu harus diantisipasi jauh hari sebelum terjadinya karhutla itu,” ujar Mambang.
   
Ia mengaku pihaknya sangat kewalahan jika terjadi kebakaran hutan dan lahan di Riau, pasalnya selain peralatan yang tidak memadai juga disebabkan keterbatasan anggaran penanggulangan karhutla itu sendiri.
    
“Kita hanya punya dana tanggap darurat sebesar Rp5 miliar di sekretariat daerah, sementara karhutla ini merupakan penyelamatan kepentingan nasional, karena mayoritas kebakaran itu terjadi di kebun dan lahan konservasi perusahaan yang kontribusinya untuk nasional, begitu juga dengan CPO dari kebun kelapa sawit yang terbakar itu, jadi kita minta bantuan pemerintah pusat untuk penggunaan alat hujan buatan,” pungkasnya.

Tags: ,

About riauku

myself

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: