Kades dan Lurah Tetap Berdemo di Kantor Gubri

Ternyata tidak seluruh kepala desa dan lurah yang kembali ke hotel. Sekitar 200 tetap melanjutkan perjalanan dan kemudian berdemo di Kantor Gubernur Riau sampai lepas Maghrib.

Riauterkini-PEKANBARU- Sekitar 200 kepala desa (Kades) dan lurah menolak kembali ke Hotel Ratu Mayang Garden. Mereka terus melanjutkan jalan kaki menuju Kantor Gubernur Riau, Rabu (16/6/1) sore dan akhirnya menggelar demo di kantor instansi nomor satu di Provinsi Riau tersebut.

Ratusan pemimpin pemerintahan terendah tersebut merupakan kelompok yang merasa tak puas cukup mempercayakan nasib honor Rp 12 juta kepada enam utusan. Meskipun sebagian besar rekan mereka kembali ke hotel saat perjalanan sampai di depan RS Awal Bros, mereka tetap melanjutkan jalan kaki.

Sampai di Kantor Gubernur Riau, para Kades dan lurah langsung dipersilahkan masuk ke komplek kantor gubernur. Padahal, sudah cukup lama pengunjuk rasa ‘diharamkan’, melewati pintu pagar kantor gubernur. Para Kades dan lurah kemudian dipersilahkan berdemo di depan pintu utama kantor gubernur.

Tak lama kemudian, mereka diterima Asisten I bidang Pemerintahan dan Hukum Abdul Latief, Asisten III bidang Administrasi Umum Joni Irwan, Kepala Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat Zulkarnain Kadir, Kepala Badan Pemberdayaan dan Pembangunan Masyarakat Desa (BPPMD) Riau M Wardan dan Kepala Biro Umum Surya Maulana.

Sebelum ditemui, para Kades dan lurah terlebih dahulu menggelar sholat Maghrib berjamaah di halaman kantor gubernur. Padahal, di dekat tempat tersebut ada masjid besar dan megah, namun entah apa alasannya, mereka justru memilih sholat beralaskan lantai semen.

Setelah sholat berjamaan, mereka mendapat penjelasan dari Abdul Latief, bahwa honor Rp 12 juta akan dicairkan besok secara tunai. Tidak melalui rekening desa. Penjelasan Abdul Latief ditegaskan oleh M Wardan, selaku satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang melaksanakan temu orientasi.

Penjelasan tersebut cukup memuaskan Kades dan lurah. Mereka pun akhirnya membubarkan diri dengan tertib dan kembali ke hotel masing-masing yang disediakan Pemprov Riau, selaku panitia.***(tam)

Tags: , , ,

About riauku

myself

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: