Minyak ikan tak bantu pasien jantung

ORLANDO (Bloomberg): Sebuah penelitian menunjukan asam lemak omega-3, yang berasal dari organ minyak ikan seperti salmon dan sarden, tidak membantu penderita jantung mencegah serangan berikutnya.

Laporan tersebut, yang diumumkan di American College of Cardiology di Orlando Florida, bertentangan dengan studi kecil sebelumnya yang menganjurkan konsumsi suplemen secara rutin akan mencegah serangan jantung lanjutan, stroke bahkan kematian.

Setelah mengkonsumsi satu gram suplemen asam lemak yang disterilkan tiap hari, pasien-pasien dari penelitian terkini, yang terbesar untuk jenis ini, tidak lebih baik dari pasien yang mengkonsumsi minyak zaitun.

Sebanyak 3.827 pasien yang diteliti juga mendapat rekomendasi terapi terbaik untuk serangan jantung, kata para peneliti. Sebagian besar penelitian sebelumnya menunjukkan penanganan serangan jantung kurang memadai. Perawatan baru untuk serangan jantung ini sangat efektif, melebihi keunggulan asam lemak, sebut para ilmuwan.

“Kami tidak melihat efek lebih. Para pasien yang telah menjalankan terapi medis optimal, angka serangan akan rendah dan omega-3 tidak ada hubungannya dengan hal tersebut,” ujar Jochen Senges, guru besar kardiologi di Pusat Jantung Ludwigshafen Universitas Heidelberg, Jerman.

Pada 2004, Food and Drug Administration (FDA) menjamin kualitas suplemen untuk mencegah penyakit jantung, dengan mengizinkan perusahaan untuk mengiklankan kelebihan suplemen tersebut berdasarkan bukti yang tersedia.

Penelitian mengenai minyak ikan untuk mengobati gagal jantung pada Agustus lalu membuktikan pil tersebut membantu mengurangi kematian sampai 9%. Gagal jantung adalah kondisi di mana jantung tidak mampu memompa cukup darah untuk mensuplai oksigen ke organ-organ lain. Penelitian terkini itu dilakukan 104 komunitas pusat kesehatan di Jerman.

Mereka mendapati setelah perawatan lanjutan setahun penuh, sebanyak 3,9% pasien mengalami serangan jantung non fatal, 1,7% mengalami stroke nonfatal dan 4,1% pasien meninggal. Tidak ada perbedaan signifikan antara kelompok yang mengkonsumsi asam lemak omega-3 dan mereka yang memakan pil. (t03/tw)

Tags: , , ,

About riauku

myself

2 responses to “Minyak ikan tak bantu pasien jantung”

  1. eri-communicator says :

    Pemilu tinggal 5 hari lagi jangan sampai salah pilih,kunjungi blog saya kalau tidak ingin salah pilih

  2. eri-communicator says :

    MOHON DUKUNGAN VISIT RIAU 2009 DAN KOMENTARNYA DIBLOG SAYA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: