Kabut Asap di Pekanbaru Dari Arah Timur Laut

Photobucket

Kabut tebal yang sempat membuat bandara SSK II ‘closed’ dari jadwal penerbangan dipastikan berasal dari wilayah timur laut dan selatan Pekanbaru. Seperti dari arah Inhil, Inhu, Kuansing dan Pelalawan.

Riauterkini-PEKANBARU-Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, Blutcher Dologsaribu kepada Riauterkini selasa (17/2) menyatakan bahwa jumlah titik api di Riau pada senin (16/2) mencapai 35 titik api. Titik api tesebar di beberapa kabupaten. Seperti Bengkalis, Dumai, Pelalawan, Inhu dan Rohul. Sementara arah angin dengan kecepatan 10 knots dari Timur Laut menuju ke arah Riau bagian tengah dan utara.

Ia memperkirakan, asap berasal dari beberapa kabupaten sebelah selatan dan timur laut Riau. Yaitu Inhu, Inhil, Kuansing dan Pelalawan. Kondisi seperti ini akan lebih parah jika tidak segera dilakukan tindakan penanganan karhutla. Pasalnya, intensitas hujan diperkirakan masih rendah.

Menurut prakiraan Treamline dan Monitoring Photo satelit, diprediksikan potensi penyulutan api tinggi mendekati ekstrim. Yaitu dari 69-83 (tinggi) 83<… (ekstrim). Hal itu diperparah dengan prediksi hujan yang intensitasnya menurun dibandingkan sebelumnya.

“Dengan kondisi arah angin dan kecepatannya, diprediksikan intensitas hujan akan berada di level rendah hingga menengah. Hujan akan terkonsentrasi di Riau bagian tengah dan selatan. Berdasarkan data treamline dan monitoring photo satelit, kami memprediksikan dan memperhitungkan bahwa intensitas hujan diperkirakan rendah-sedang. Yaitu antara 1-20 mm / hari (rendah) hingga 20-50 mm / hari (sedang),” terangnya.***(H-we)

Tags: , , ,

About riauku

myself

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: