Obama Berkomitmen Berikan Stimulus Secepatnya

WASHINGTON, KAMIS – Presiden Barack Obama tetap berkomitmen secepatnya mengambil langkah-langkah untuk memperbaiki keadaan finansial dan stabilitas ekonomi. Obama juga akan memastikan ada persyaratan ketat jika stimulus itu terkait dengan penggunaan uang hasil pembayaran pajak.

Demikian diungkapkan juru bicara Gedung Putih, Robert Gibbs, pada Kamis (22/1) di Washington. ”Kami harus melakukan segala sesuatu dengan sekuat tenaga demikian pula dengan Kongres, untuk memproses paket stimulus tersebut dan mengucurkan dana demi perekonomian. Hal itu dimaksudkan untuk membuat rakyat Amerika tetap percaya diri,” ujar Gibbs dalam jumpa pers.

Perekonomian AS telah jatuh ke dalam resesi sejak tahun lalu yang dipicu oleh runtuhnya pasar perumahan. Robert Gibbs mengatakan, Obama menginginkan langkah stabilisasi finansial antara lain dengan membatasi kompensasi untuk para eksekutif. Suntikan dana dari pemerintah untuk perbankan harus digunakan untuk meningkatkan penyaluran kredit.

Beberapa ratus institusi keuangan telah menerima dana di bawah paket sebesar 350 miliar dollar AS, bagian dari paket stimulus sebesar 700 miliar dollar AS. Bagian kedua sebesar 350 miliar dollar AS segera dikucurkan.

Presiden Obama bekerja keras untuk mengimplementasikan stimulus tersebut, tetapi ekonomi akan memburuk sebelum membaik kembali. ”Presiden bekerja keras untuk meyakinkan bahwa rencana penyelamatan perekonomian dan paket stabilitas keuangan dapat cepat diimplementasikan,” ujar Gibbs.

”Orang Amerika paham bahwa perekonomian akan memburuk sebelum akhirnya membaik kembali. Namun, saya rasa mereka dapat mengerti bahwa Presiden juga bekerja keras setiap hari agar perekonomian dapat bergerak seperti sedia kala,” lanjut Gibbs.

Dukung Geithner

Komite Keuangan Senat juga telah menyetujui pencalonan Menteri Keuangan Timothy Geithner. Hasil pemungutan suara 18 berbanding 5, berarti sebagian besar mendukung Geithner menjadi menteri keuangan.

Langkah cepat yang dilakukan Senat ini sangat dihargai Gedung Putih. ”Presiden sangat senang, Komite Keuangan menunjukkan dukungan kuat dari dua sisi terhadap nominasi Geithner,” tutur Gibbs.

Geithner telah berbicara di depan para senator pada Rabu sebelumnya dan mengatakan bahwa tim ekonomi Obama merencanakan akan membeberkan langkah-langkah lebih rinci dalam beberapa pekan untuk memperbaiki sistem keuangan. Dia sempat dicecar karena mengelabui pembayaran pajak saat bekerja di IMF. (Reuters/joe)

Tags: ,

About riauku

myself

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: