Pelunasan Haji Hanya Satu Kesempatan

JAKARTA (RP) – Kementerian Agama (Kemenag) mengubah skema pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) 2013. Jika sebelumnya pelunasan BPIH terbagi dalam tiga tahap, tahun ini hanya ada satu kesempatan.

‘’Masa pelunasan BPIH 2013 tidak menggunakan tahapan-tahapan,’’ kata Direktur Pelayanan Haji Kemenag Sri Ilham Lubis, Rabu (24/4).

Konsekuensinya, jika ada jamaah yang tidak melunasi BPIH pada waktu yang ditetapkan, kursi yang tidak terisi menjadi sisa nasional dan dikelola langsung Kemenag. Sebelumnya, jika jamaah calon haji kuota berjalan tidak bisa melunasi BPIH pada tahap pertama, masih ada kesempatan kedua dan ketiga.

Penghapusan tahapan pelunasan itu karena karena pembahasan sekaligus penetapan ongkos haji antara Kemenag dan DPR berlangsung cepat. Karena itu, masyarakat memiliki banyak waktu sebab masa pelunasan BPIH diperpanjang. ‘’Pada tahun-tahun sebelumnya, tahap pertama pelunasan BPIH itu antara tiga sampai empat pekan,’’ kata Sri.

Sri memperkirakan, masa pelunasan BPIH tahun ini dimulai Mei nanti. Dia meminta Satuan Kerja (Satker) Kemenag di daerah mulai menyosialisasikan skema baru pelunasan BPIH ini. Terkait dengan sisa kuota, hal itu akan diatur dalam Peraturan Menteri Agama (PMA).

Tahun lalu, jika ada sisa setelah pelunasan BPIH tahap 1, langsung dibuka lagi pelunasan tahap 2. Jika setelah pelunasan tahap 2 masih ada sisa kursi, ditarik menjadi wewenang Kemenag. Kursi sisa itu kemudian dibagi lagi ke tingkat provinsi secara proporsional.

BPIH 2013 untuk haji reguler sudah ditetapkan sebesar 3.527 dolar AS (Rp34,2 juta) per jamaah. Pemerintah berhasil meneken kontrak untuk 300 unit pemondokan di Makkah. Jumlah itu berkurang 100 unit dibandingkan tahun lalu. ‘’Tapi, kapasitas pemondokan setiap unitnya lebih besar. Sehingga tidak akan menimbulkan masalah,’’ ujar Sri. Penyusutan jumlah unit pemondokan memudahkan koordinasi pelayanan medis dan sejenisnya.(wan/ca/jpnn/hpz)

Jamaah calon haji (JCH) yang dijadwalkan berangkat tahun ini diimbau mempersiapkan uang pelunasan biaya penyelenggaran ibadah haji (BPIH) 2013. Kementerian Agama (Kemenag) siap membawa draft BPIH 2013 hasil pembahasan bersama DPR untuk disahkan presiden dalam bentuk Keppres (keputusan presiden).

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Kemenag Anggito Abimanyu mengatakan pelunasan BPIH menunggu Keppres turun. ‘’Insya Allah Mei sudah mulai pelunasan,’’ katanya, Sabtu (6/4). Anggito menuturkan kini masih ada waktu lumayan panjang bagi calon jamaah untuk menyiapkan uang.

Saat ditetapkan pada 1 April lalu, besaran BPIH dipatok rata-rata 3.527 dolar AS per jamaah. Dengan asumsi kurs Rp9.600 per dolar AS, berarti nilai rupiah BPIH tahun ini lebih besar dibanding tahun lalu, yakni Rp33.859.200 per jamaah (tahun lalu Rp33,3 juta). Jika JCH sudah menyetor uang muka BPIH Rp20 juta, berarti tinggal melunasi sisanya.

Mengenai pengisian jamaah haji yang tak melunasi BPIH, Anggito mengatakan pihaknya menyiapkan skema baru. Skema tahun lalu, kursi JCH yang kosong ditarik lagi ke Kemenag Pusat. Setelah diambil sebagian oleh Kemenag, kuota tak terserap itu dikembalikan ke provinsi untuk diisi antrean JCH tahun berikutnya.

‘’Saat ini kita siapkan PMA (Peraturan Menteri Agama) skema baru pengaturan kursi yang tidak melunasi BPIH itu,’’ tutur Anggito. Namun ia enggan menjelaskan lebih rinci skenario baru tersebut. Intinya, tahun ini Kemenag memiliki jelang waktu yang lumayan panjang sebelum hari pemberangkatan pertama pada 9 September nanti. Anggito janji akan membuat skema pengisian kursi haji tak terserap itu dengan adil.

Kemenag juga membatalkan rencana membuat kloter khusus jamaah haji lansia plus pendamping. ‘’Setelah kita kaji, penyediaan kloter haji khusus lansia itu tidak memungkinkan,’’ tuturnya. Tapi Kemenag tetap memberlakukan pelayanan khusus untuk jamaah haji lansia. Seperti ketika mengikuti manasik hingga perawatan medis di Arab Saudi.(wan/oki/jpnn)

About these ads

Tag:,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: