Kue Khas Daerah Palito Daun Raih Rekor MURI

BANGKINANG (RP) – Menyambut Hari Jadi ke-63 Kabupaten Kampar, Pemkab Kampar telah berhasil membuat iven yang sangat spektakuler dengan membuat kue Palito Daun terbanyak dan dicatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI).

Kegiatan yang dimotori oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Kampar ini, bertujuan untuk memperkenalkan Kabupaten Kampar sampai ke tingkat Nasional melalui makanan tradisional Palito Daun.

Demikian dikatakan Hj Eva Yuliana Jefry SE pada acara gerak jalan sehat yang sekaligus pencatatan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) untuk pembuatan kue Palito Daun terbanyak yang dipusatkan di Jalan Ahmad Yani Bangkinang, Sabtu (2/2).

Turut hadir pada kesempatan tersebut Wakil Gubenur Riau HR Mambang Mit beserta isteri, Bupati Kampar H Jefry Noer SH, Bupati Rokan Hilir H Anas Makmun, Anggota DPRD Riau H Masnur SH, Ketua DPRD Kampar Drs H Syafrizal MSi, Wakil Ketua DPRD Kampar H Syahrul Aidi Lc MA, Wakil Bupati Kampar H Ibrahim Ali SH, Forum FKPD Kabupaten Kampar beserta Isteri, seluruh kepala SKPD Kabupaten Kampar.

Eva Yuliana Jefry memaparkan, bahwa jumlah kue Palito Daun yang ditargetkan untuk memperoleh rekor Muri adalah sebanyak 621.363, namun kue yang tersedia sangat melebihi target.

Hal ini menandakan antusias dan semangat luar biasa yang telah ditunjukkan oleh masyarakat Kabupaten Kampar untuk pencatatan rekor Muri.

‘’Ini merupakan pencatatan rekor Muri pertama yang diperoleh pleh Kabupaten Kampar, untuk itu pada tahun-tahun mendatang, kita akan terus meningkatkan lagi karya-karya kita dengan menggali aset-aset yang ada di Kabupaten Kampar untuk ditampilkan dan kembali meraih rekor Muri dan juga sebagai bagian dari promosi kekayaan daerah Kampar,’’ ujar Eva.

Eva Yuliana yang juga Wakil Ketua DPRD Kampar ini mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga kepada panitia pelaksana dan seluruh masyarakat Kabupaten Kampar yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini dengan baik dan lancar

Pada kesempatan tersebut, perwakilan tim dari Muri Yusuf mengatakan, pemberian rekor Muri ini bertujuan untuk menghargai karya yang dibuat oleh Bangsa Indonesia dan menumbuh kembangkan apa yang bisa dicapai karena bangsa ini mampu menciptakan berbagai prestasi yang sangat luar biasa.

‘’Seperti pencatatan kue Palito Daun terbanyak kali ini, merupakan suatu prestasi yang sangat luar biasa sekaligus merupakan ajang promosi kue tradisional.(adv)

KUE PALITO DAUN *
Kue palito daun adalah makanan khas daerah provinsi riau dari kabupaten Kampar . Bahan utamanya adalah tepung beras , bentuknya persegi warna kue bagian atas putih diletakkan diatas daun pisang kue ini bahan- bahannya sama dengan kue talam , lemang basuong , tetapi bentuk dan cara mengolahnya yang berbeda . keu ini dikatakan kue palito daun adalah apabila kita buka daun pisangnya maka bagian bawah dari kue ini seperti sumbu palito . sumbu ini terbuat dari gula enau yang dipotong – potong.

Bahan dan takaran yang di gunakan:
1. Tepung beras 250g/1/4 kg
2. Kelapa 1 buah yang berukuran sedang
3. Santan 3 ½ gelas -4 gelas(100cc air) /3 ½ ons
4. Vanile 1 bungkus
5. Gulu enau 2 batang /2 sokou
6. Gula pasir 2-3 sendok makan
7. Daun pandan 2 lembar
8. Jangung 1 yang kecil
9. Garam 1 sendok datar

Cara membuat :
1 .membuat kotak dari daun pisang(daun pandan).caranya adalah p=9 L=9 potong.lipat 3 lembar,lipat 3 panjang dan bantuk berkotak buat sebanyak yang di butuhkan.
2 .potong-potong gula aren/enau berbentuk dadu.kemudian masukkan 2-3 potong ke dalam kotak.
3 .aduk tepung baras dengan gula pasir,garam,vanile dan santan sampai merata jangan bergumpal-gumpal.
4 .panaskan air dalam dandang sampai mendidih.
5 .masukkan adonan ke dalam botol aqua yang sedang dan aduk-aduk bahan sebelum di masukkan.
6 .masukkan adodan ke dalam kotak-kotak.lalu masukkan ke dalam dandang yang airnya sudah mendidih.
7 .masak sampai setengah masak dan masukkam hiasan jagung dan daun pandan.
8 .kemudian hidangkankan dalam piring.

About these ads

Tag:, , ,

About riauku

myself

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: