Batas Minimum Gaji Kena Pajak Naik menjadi Rp 1.32 Juta

Pemerintah menaikan gaji kena pajak. Jika semula penghasilan Rp 1,2 juta sudah kena pajak, kini naik menjadi Rp 1,32 juta/bulan bagi bujanang dan Rp 1,44 juta bagi keluarga belum beranak.

PEKANBARU-Sesuai dengan UU no.36 tahun 2008 pasal 7 menyatakan bahwa Pendapatan Tidak Kena Pajak (PTKP) dinaikkan oleh pemerintah pusat. Kenaikan cukup besar. Yaitu Rp 120 ribu perbulannya. Atau dari sebelumnya hanya Rp 1,2 juta menjadi Rp 1,32 juta perbulannya.

Hal itu menurut Kasi Bimbingan dan Pelayanan DJP Riau, Slamet Wibowo kepada Riauterkini Jum’at (9/1) cukup mengakomodir permintaan yang diajukan oleh buruh dan pekerja saat melakukan aksi demo menuntut kenaikan UMP akhir tahun 2008 lalu. Menurutnya, kendati secara garis besar jumlah tersebut tidak seperti yang diinginkan oleh buruh waktu itu, namun pada intinya, permintaan pada buruh diakomodir oleh pemerintah pusat.

“Kenaikan sebesar Rp 120 ribu perbulannya dari Rp 1,2 juta menjadi Rp 1,32 juta itu adalah untuk PTKP pekerja/buruh yang masih bujangan. Namun untuk buruh atau pekerja yang sudah menikah dan memiliki anak, PTKP-nya lebih tinggi lagi,” katanya.

Jika dilihat angka tahunannya, sesuai dengan Pasal 7 UU no.36 tahun 2008 menyebutkan bahwa untuk pekerja atau buruh, PTKP-nya diberikan sedikitnya Rp 15,840 pertahun juta untuk diri wajib pajak perorangan. (bujangan/lajang/belum menikah). Jika wajib pajak sudah menikah, maka PTKP yang diberikan ditambah sebanyak Rp 1,32 juta pertahun.

Jika suami istri kerja dan berpenghasilan mereka di atas Rp 15,840 juta perbulan (di atas PTKP) jika digabungkan, maka mereka diwajibkan untuk membayar pajak penghasilan. Karena pendapatan mereka di atas PTKP.”Bukan hanya itu, jika dalam keluarga terdapat keluarga sedarah dan keluarga semenda dalam garis keturunan lurus serta anak angkat yang menjadi tangungan sepenuhnya dengan jumlah tanggungan maksimum 3 orang, maka PTKP-nya dinaikkan sebesar Rp 1,32 juta pertahun.***RiauTerkini(H-we)

About these ads

Tag:,

One response to “Batas Minimum Gaji Kena Pajak Naik menjadi Rp 1.32 Juta”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: